Makalah usaha kafe hot spot

MAKALAH


PERENCANAAN USAHA KAFEE HOT SPOT

 Diajukan Untuk Memenuhi Tugas  
Matakaliah : Manajemen Operasional Lanjutan

    
      

Disusun Oleh :
ACHMAD MUSADDAD


Fakultas Ekonomi – Manajemen Smester V A
Universitas Wiralodra Indramayu
2010
 
 
 
KATA PENGANTAR

Teriring rasa Syukur dan bahagia penulis panjatkan  kepada Tuhan dalam
segala bentuk petunjuk dan kasih sayang Nya.
Makalah ini penulis susun dengan konsep pemikiran sendiri, menyusun
dengan konsep pengalaman pribadi dan meninjau pustaka.
Terimakasih penulis haturkan kepada Bapak Dosen Manajemen Produksi
Lanjutan Fakultas Ekonomi Universitas Wiralodra Indramayu atas bimbingannya.
Kekurangan dan kealfaan mungkin terdapat dalam makalah ini, oleh karena
itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca sekalian.
Semoga karya yang sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca.




Indramayu, 29 November 2010

PENULIS





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ……………………………………………………… i
DAFTAR ISI ……………………………………………………………….. ii
BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………….. 1
1.1 Latar Belakang ………………………………………………….... 1
BAB II PEMBAHASAN ………………………….……………………….. 2
2.1 Modal Usaha ……………………………………….….................. 2
2.2 Tenaga Kerja ………………………………………………………. 3
2.3 Keuangan ………………………………………………………… 5
2.4  Operasional ……………………… …………..…………………. 8
2.5  Strategi Promosi dan Pemasaran ……………………………..….... 10
2.6 Kehidupan Usaha …... ……………………………………………. 12
BAB III PENUTUP……………………………………………………..…... 13
3.1 Kesimpulan ……………………………………………….….…… 13
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………..…...… 14



BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Berdasarkan pengamatan, saat ini bisnis kafe hot spot semakin marak saja.
Terutama untuk lingkungan dekat kampus. Awalnya bisnis ini saya remehkan,
tetapi setelah saya survei secara langsung selama dua bulan terakhir saya bisa
menyimpulkan jika bisnis ini sangat menjanjikan.
Bisnis kafe hot spot adalah sebuah bisnis yang menggabungkan antara kafe
dan warnet. Perbedaan dengan warnet adalah tarif akses internetnya yang gratis.
Pengunjung kafe hot spot cuma diharuskan membeli minimal satu menu yang
disediakan oleh pengelola kafe hot spot. Menu yang disediakan biasanya beragam
mulai minuman, makanan kecil, atau makanan berat.
Dengan alas an tersebut pendirian usaha hot spot ini akan di serbu
pelanggan, hususnya bagi para kulinier dan pecinta  internet, mereka akan
mendapatkan kepuasan yang lebi dari internet dengan menu makanan yang
disediakan, dan lebih dari makanan karena fasilitas internet yang disediakan.
Mungkin dengan pertimbangan lebih praktis bagi pengelolanya. Tidak
diperlukan keahlian khusus untuk penyediaan menu-menu itu tetapi keuntungan
yang didapatkan sangatlah besar. Biasanya menu yang tersedia hanya kopi, kopi
susu, susu hangat, moca, coklat hangat, mie rebus,  dan berbagai makanan atau
minuman lain yang pembuatannya sangat mudah. 



BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Modal Usaha
Usaha kafe hot spot ini adalah milik sendiri, modal awalnya adalah
8.000.000,-. Sumber modal ini di dapat dari pinjaman kepada bank 50% dengan
bunga 10 %, dan yang 50% lagi adalah modal milik sendiri.
Kemudian modal tersebut digunakan untuk membeli peralatan dan
perlengkapan serta fasilitasfasilitas kafe., seperti halnya usaha lain usaha ini
memiliki perencanaan baik dari segi, SDM, pemasaran, produksi dan
keuangannya, adapun pembelanjaan uang tersebut adalah :

1.  Peralatan 
1.  Memakai speedy unlimited (pemakaian tak terbatas) biayanya Rp.
750.000,- dengan pendaftaran Rp. 100.000,
2.  cangkir dan piring Rp. 500.000,-
3.  meja kecil lesehan volume 4 orang, 10 paket @ Rp.100.000,-
4.  Meja receptionis 1 paket Rp. 200.000,-
Jumlah pembelian peralatan : Rp. 2.550.000,-

2.  Perlengkapan
1.  Tikar lesehan 10 buah @ 50.000,-
2.  bahan baku makanan kafe, kopi snack dll Rp. 1.000.000,-
Jumlah pembelian perlengkapan : Rp. 1.500.000,-
 


Adapun sisa modal tersebut akan digunakan untuk biaya operasional dan
lain-lain, dengan ketentuan yang sedikit namun akan dibutuhkan secara
mendadak, seperti halnya pada saat bahan baku makanan kafe atau snack habis
ataupun biayabiaya lainnya
Usaha ini didirikan dikawasan kota yang letaknya strategis dan dekat dengan
sekolah-sekolah bahkan juga banyak lingkungan usaha disekitarnya yang
dipastikan akan sangat memerlukan akses internet, gedung dan tanah ini kami
sewa dengan harga Rp250.000 / bulan, dengan biaya sewa air dan listrik sendiri,
karena latar belakangusaha ini adalah menyediakan fasilitas internet sekalgus
menyediakan makanan, maka suasana lesehan akan lebih menyamankan
konsumen.

2.2 Tenaga Kerja

Bisnis ini adalah milik sendiri, adapun tenaga kerja yang di gunakan hanya 2
orang yang merupakan lulusan SMK jurusan IT,, dengan seleksi yang sederhana
dan tdak memerlukan biaya. Pelatihan tenaga kerja tersebut adalah dengan
memberikannya tutorial aplikasi computer dan pengenalan beberapa softwere dan
hardware. Ini bertujuan supaya karyawan bias mengatasi masalah konsumen
dikala ada kesalahan atau masalah dalam menggunakan internet, Untuk pelatihan
Pembuatan kopi dan menu makanan lainnya dengan memberikannya cara
membuat dan menyajikan makanan, karena prosen pembuatan dan penghidangan
makanan ini sangtlah sederhana, jadi cukup dengan petunjuk dari buku-buku yang
berssangkutan mengenai cara dan sopan santunnya. 


Kompensasi dari masing-masing tenaga kerja tersebut adalah Rp. 700.000,-
juga kami berikan fasilitas makan. Semua tenaga kerja diberikan fasilitas dan
kompensasi yang sama, karena tidak ada posisi atatau hirarki yang signifikan, 
semua pekerja adalah karyawan. 
Proses pelatihan tenaga kerja itu sendiri dilakukan sebelun aktif selama 1
minggu dan kemudian pelatihan dilahsanakan 3 bulan  1X seiring dengan
perjalanan usaha. Pelatihan rutin ini sangat diperlukan karena harus adanya
inovasi yang membangkitkan vrekuensi konsumen dalam menikmati beberapa
fasilitas yang disediakan. Dengan demikian konsumen yang pernah mampir ke
tempat usaha ini akan jadi pelanggan tetap, selanjutnya akan mempermudah
dalam proses promosi dan mempertahankan pendapatannya.
Karyawan saat bekerja diharuskan memakai pakaian yang sopan dan enak di
pandang, untuk menarik beberapa calon pelanggan yang datang. Walaupun tidak
memakai seragam namun kami sediakan initial pada topi dan bajunya. Mungkin
dengan ini daya tarik yang ada dalam individu karyawan mampu mengundang
banyak calon pelanggan.
Usaha pengoptimalan sumberdaya manusia pun di sediakan dengan
pelatihan husus berkaitan dengan materi pemasaran.  Selain itu kami juga
memberikan kompensasi berupa liburan bagi setiap karyawan dalam jangka waktu
6 bulan 1 kali. Ini diberikan sebagai balas jasa yang lebih selain daripada gaji.
Karena prinsip pemeliharaan karyawan juga mengutamakan kenyamanan dan
kepuasan karyawan supaya akan optimal juga dalam menjalankan pekerjaannya. 

2.3  Keuangan 

Modal yang digunakan adalah modal 50% milik Sendiri dan 50% modal
asing Dengan bunga 10%, usaha milik sendiri ini modal  pertamanya  adalah
sebesar Rp. 8.000.000,- yang dibagi masing-masing modal sendiri Rp. 4.000.000
dan modal asing Rp. 4.000.000,- adapun modal tersebut digunakan untuk membeli 
1.  Peralatan 
- Memakai speedy unlimited (pemakaian tak terbatas) biayanya Rp. 750.000,-
dengan pendaftaran Rp. 100.000,
- cangkir dan piring Rp. 500.000,-
- meja kecil lesehan volume 4 orang, 10 paket @ Rp.100.000,-
- Meja receptionis 1 paket Rp. 200.000,-
Jumlah pembelian peralatan : Rp. 2.550.000,-

2.  Perlengkapan
- Tikar lesehan 10 buah @ 50.000,-
- bahan baku makanan kafe, kopi snack dll Rp. 1.000.000,-
Jumlah pembelian perlengkapan : Rp. 1.500.000,-
3.  biaya Penyusutan Rp.2.000.000,-,- selama 1 tahun
4.   gaji 2 orang @ Rp 700.000,-. / bulan
5.  Biaya listrikdan air  Rp. 300.000,- / bulan
6.  tambahan bahan makanan : Rp. 500.000,- / bulan
7.  Rekreasi karyawan 500.000,- 2X
8.  sewa gedung Rp. 250.000,- / bulan
9.  pajak 10% 


Dengan perincian diatas dapat dihitung perkiraan pendapatan bisnis ini
dalam jangka waktu 1 bulan, Usaha kecil ini tidaklah memerlukan perincian yang
rumit, oleh karena itu akan lebih jelas tergambarkan pendapatan dalam jangka
waktu 1 bulan. Adapun perkiraannya adalah sebagai berikut :
Jurnal
No Keterangan Debit Kredit
1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.
- Kas 
- Modal 
- Peralatan 
- Kas 
- Perlengkapan
- Kas
- Biaya penyusutan
 Kas
- Biaya tenaga kerja 2 orang X 12
- Kas
- Biaya listrik  dan air 1 tahun
- kas
- Biaya tambahan bahan makanan
- Kas
- Rekreasi karyawan 500.000,- 2X
- kas
- sewa gedung Rp. 250.000,- / bulan
- kas
Rp 8.000.000,- 

Rp 2.550.000,-

Rp. 1.500.000,-

Rp. 2.000.000,-

Rp. 16.800.000,-

Rp. 3.600.000,-

Rp.6.000.000

Rp. 1.000.000,-

Rp. 3.000.000,-

Rp 8.000.000,- 

Rp 2.550.000,-

Rp. 1.500.000,-

Rp. 2.000.000,-

Rp. 16.800.000,-

Rp. 3.600.000,-

Rp. 6.000.000,-

Rp. 1.000.000,-

Rp. 3.000.000,- 


Minimal Pendapatan dalam 1 bulan :
1.  minimal pengunjung 50 /hari pemesanan masing-masing rata-rata Rp
5.000,-. Dalam 1 bulan 25 hari operasi aktif : Rp. 6.250.000,- / bulan
Jumlah minimal pendapatan 1 tahun   : Rp. 75.000.000,-

Laporan Laba-rugi dalam 1 bulan

Pendapatan 
Jumlah minimal pendapatan 
Biaya- Biaya
1.  Jumlah pembelian peralatan : Rp. 2.550.000,-
2.  Jumlah pembelian perlengkapan : Rp. 1.500.000,-
3.  biaya Penyusutan Rp.2.000.000,-
4.  gaji 2 orang @ Rp 16.800.000,-. 
5.  Biaya listrikdan air  Rp. 3.600.000,- 
6.  tambahan bahan makanan : Rp. 6.000.000,- 
7.  Rekreasi karyawan 1.000.000,- 
8.  sewa gedung Rp. 3.000.000,-
Jumlah Biaya
Laba kotor
Bunga inv. 10%
Ebit
Pajak 20%
Laba Bersih

Rp. 75.000.000,-









Rp. 36.450.000,-
Rp. 38.550.000,-
Rp. 400.000,-
Rp. 38.150.000,-
Rp. 7.630.000,-
Rp. 30.520.000,- 

2.4 Operasional

Kegitan oprasional Usaha ini dilakukan ditempat sendiri, karena produk
makanan ini akan dibuat jika ada pelanggan yang dating, pelanggan juga akan
dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 1.000,- / orang, maka pross pengerjaannya
adalah dengan melayani jika ada pelanggan yang memesan, 
Proses pelayanannya sendiri dilakukan oleh 2 orang  karyawan yang
dipekerjakan secara bersamaan, tempat bahan minuman kopi ada di dapur, nasi dll
di sebelah recaptionis yang rencananya adalah penulis sendiri yang menjadai
manajer sekaligus recetionis dan kasir, adapun jka ada pelanggan yang memesan
makana maka akan dilayani oleh karyawan.
Pembuatan kopi akan dilakukan karyawan setelah menanyakan minuman,
makanan atau snack apa yang akan di pesannya, penyajian hidangan pada cangkir
dan piring yang telah disediakan dan dikemas dengan menarik.
Karyawan juga akan melayani pelanggan jika dalam proses pelayanan
internet mengalami masalah, dengan demikian waktu kerja karyawan akan lebih
bermanfaat.
Pelayanan yang kami sediakan seperi layaknya kafe-kafe pada umumnya,
namun dengan pelayanan penyediaan internet ini pelanggan akan merasakan
kepuasan dan akan membagi kepuasan pelayanan penyediaan makanan dan
penyediaan hot spotnya, maka pada saat pelanggan berkunjung akan mendapatkan
kenikmatan ganda.
Penyediaan menunya sendiri terdiri dari beberapa fariasi dari mulai hanya
jasa internet sampai paket pemesanan menunya. Adapun pelayanan menu yang
disediakan adalah : 

1.  Menikmati jaringan internet hot spot hanya dengan menyumbang
pembayaran listri sebesar Rp. 1000,-
2.  Kopi hitam Rp. 2.000,-
3.  Kopi moca Rp. 2.500,-
4.  Kopi Cappucinno Rp.3.000,-
5.  Susu hangat Rp. 3.000,-
6.  es jeruk Rp. 2000,-
7.  Es teh manis Rp. 2000,-
8.  Es cappucinno Rp. 3.500,-
9.  es susu Rp. 3.500,-
10. Es juice All variant Rp. 4.000,-
11. Nasi Campur Rp. 6.000,-
12. Rokok Rp. 8.000,- _ 12.000,-
13. Snack dan roti Rp. 1000,- _ Rp. 3.000,-
14. minuman soda + es Rp. 5.000,
15. Minuman botol dingin Rp. 3.000,- _ Rp. 6.000,-


 
 
2.5 Strategi Promosi dan Pemasaran

Kafe hot spot ini mengutamakan pelayanan jasa, promosi yang dilakukan
adalah dengan membuat brosur yang kemudian disebarkan ke beberapa sekolah
dan instansi, selain itu juga kita akan menyediakan iklan pada internet baik
melalui iklan umum maupun jejaring social seperti facebook dll.
Penentuan konsumen ini kami perkiraan antara pelajar, pekerja dan
masyarakat umum yang sekedar ingin kopi dan ngobrol bersama teman-temannya,
akan lebih nyaman karena tempat usaha ini lesehan yang mana para pelanggan
akan merasa nyaman bergerak dengan menikmati rokok, kopi, snack dan
makanan.
Namun trik pemasaran juga telah di persiapkan seperti menggunakan
beberapa konsep bauran promosi, manfaatnya dengan mengoptimalkan proses
promosi maka akan lebi mudah juga dalam memasarkan  produk usaha ini, kita
akan coba semua teori tentang bauran promosi, dan kemudian akan kami seleksi
cara yang mana yang lebih efektif dan efisien. Adapun jenis bauran promosi
tersebut antara lain :

•  Periklanan (Advertising): Merupakan alat utama bagi pengusaha
untuk mempengaruhi konsumennya. Periklanan ini dapat dilakukan
oleh pengusaha lewat surat kabar, radio, majalah, bioskop, televisi,
ataupun dalam bentuk poster-poster yang dipasang dipinggir jalan
atau tempat-tempat yang strategis.
•  Penjualan Pribadi (Personal selling): Merupakan kegiatan perusahaan
untuk melakukan kontak langsung dengan calon konsumennya. 
 
Dengan kontak langsung ini diharapkan akan terjadi hubungan atau
interaksi yang positif antara pengusaha dengan calon konsumennya
itu. Yang termasuk dalam personal selling adalah: door to door
selling, mail order, telephone selling, dan direct selling.
•  Promosi Penjualan (Sales Promotion): Merupakan kegiatan
perusahaan untuk menjajakan produk yang dipasarkarlnya
sedemikian rupa sehingga konsumen akan mudah untuk melihatnya
dan bahkan dengan cara penempatan dan pengaturan tertentu, maka
produk tersebut akan menarik perhatian konsumen.
1.  Publsitas (Pubilicity): Meripakan cara yang biasa digunakan juga
oleh perusahaan untuk membentuk pengaruh secara tidak langsung
kepada konsumen, agar mereka menjadi tahu, dan menyenangi
produk yang dipasarkannya, hal ini berbeda dengan promosi, dimana
didalam melakukan publisitas perusahaan tidak melakukan hal yang
bersifat komersial. Publisitas merupakan suatu alat promosi yang
mampu membentuk opini masyarakat secara tepat, sehingga sering
disebut sebagai usaha untuk "mensosialisasikan" atau
"memasyarakatkan ".


Selain itu juga menggunakan penelitian pemasaran seperti :
1.  pasar sasaran,
2.  kebutuhan pelanggan dalam kafe,
3.  pemasaran yang terkoordinir 
4.  keuntungan.
5.  Memenuhi kebutuhan dengan menguntungkan
6.  Menemukan keinginan dan memenuhinya 
7.  mencintai pelanggan bukan produknya
8.  Mendapatkan sesuai kesukaan 
9.  Berusaha sekuat tenaga memberikan nilai, mutu dan kepuasan tertinggi
bagi uang pelanggan.

2.6 Kehidupan Usaha

Rencana Usaha kecil ini adalah salah satu bentuk usaha yang gampang
beradaptasi dilokasi dan waktu apapun,karena segi peralatan yang sederhana dan
bahan baku yang gampang di dapat. 
Selanjutnya jika usaha kecil ini sukses dalam waktu 1 bulan, maka akan di
usahakan terus supaya keuntungannya tetap seimbang  bahkan bisa lebih besar,
dengan cara dasar yang sudah tertulis diatas, menggunakan beberapa strategi
pemasaran dan meneliti trik pemasaran maka akan lebih mempermudah
mempromosikan perusahaan ini.
Dalam segi keuangan sendiri akan jelas terealisasikan jika keuntungan
sebesar Rp. 30.520.000,- dalam 1 tahun  dan akan kami gunakan untuk pembelian
bahan baku makanan dan biaya lainnya selanjutnya dengan taksiran biaya 40%
dari keuntungan dan 30% persen akan kita tabungkan, lalu yang 30% akan
menikmati keuntungan fisiknya. Keuntungan yang sangat besar untuk usaha yang
menarik dan sederhana.

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Jenis usaha yang akan didirikan adalah menyediakan  pelayanan internet,
namun yang utama dalam penjualannya adalah penjualan minuman, snack dan
makanan seperti halnya kfe-kafe lain, namun nilai tambah pelayanan internet akan
membuat daya tarik tersendiri dalam menggaet para pelanggan
Dengan beberapa bauran promosi dan meneliti indikasi faktor pemasaran
usaha seperti ini yang baik, jaringan yang luas serta didukung dengan produk yang
sederhana namun akan memberikan lebik dari sekedar  kenyamanan, maka
dipastikan usaha ini layak dan akan jelas kelangsungan hidup usahanya.
Keuntungan yang tidak mengecewakan bagi usaha kecil seperti ini akan memberi
jaminan bagi kelangsungan usaha dan tenaga kerja.
Dengan perkiraan keuntungan diatas maka dapat dipastikan juga perluasan
usaha ini akan mudah terealisasikan.


DAFTAR PUSTAKA

1.  http://scribd.com
2.  http://google.com
3.  http://en.forcus.com
4.  http://wikipedia.com
5.  Sutojo Siswanto, Kerangka Dasar Manajemen Pemasaran, LPPM, 1981
6.  Sofjian, Assauri, Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi
Rajawali, Jakarta,1992
7.  O. Winardi, Manajemen Pemasaran, Sinar Baru, Bandung, 1981


Donlot PDF disini cuii..............

1 komentar:

ssstttttttt.....


jika agan-agan sekalian ingin soft file yang berkaitan dengan blog ane, agan bisa hubungi ane lewat email, FansPage Facebook atau twitter.. karena ane tidak selalu memantau Blog ini setiap hari..
mohon maklum ya gan.. :)

Facebook : Adad Danuarta

Twitter : Adad5Gibranz

Nama asli Achmad Musaddad, biasa di panggil ADAD,, tanggal lahir 6 maret 1990 di indramayu, cucu dari Kyai Irsyad bin IKROM BIN MUNJIYAT BIN WADINGAH BIN MISKIYAH BIN PENGHULU BEO BIN KYAI MUHAMMAD CANGKRING BIN TOLABUDDIN BIN PANGERAN CILIK (ASAL DARI PALEMBANG – SUMATRA SELATAN)yang keturunan dari Sultan MALIKUS SALEH (W. 1297 M/676 H) yang dikenal dengan Nama "ARYA DAMAR".
SDN tinumpuk 2 SMPN 2 Juntinyuat SMK PGRI Indramayu Universitas Wiralodra Indramayu

SMS GRATISS !!

Copyright © 2012 Adad DanuartaTemplate by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.