Proposal Penelitian Manajemen Pemasaran - Pengaruh Merek dan Iklan terhadap Perilaku Konsumen


 
PROPOSAL  PENELITIAN

PENGARUH  MEREK DAN IKLAN TERHADAP
PERILAKU KONSUMEN
( Studi  kasus  pada PD GUCI MAS )   




 








Disusun  oleh :
TATI   SUSILAWATI
NIM :  612010108064



PROGRAM  STUDI  MANAJEMEN  S1
“FAKULTAS EKONOMI”
UNIVERSITAS  WIRALODRA  INDRAMAYU
2012








PROPOSAL  PENELITIAN

A. JUDUL                           :    PENGARUH MEREK DAN IKLAN TERHADAP                             PERILAKU KONSUMEN PADA PD. GUCI MAS
B. PROGRAM  STUDI      :   MANAJEMEN
C. JENJANG                       :   STRATA I (SI)
D. LATAR BELAKANG MASALAH

Seiring perkembangan ekonomi dan majunya teknologi dengan pesat, maka makin berkembang pula sasaran dan tujuan yang akan dicapai oleh organisasi atau perusahaan yang akan menyelenggarakan suatu kegiatan. Setiap perusahaan dituntut untuk selalu tetap menjalankan usahanya serta menata manajemennya dengan baik. Adapun tujuan  dari perusahan itu sendiri adalah mempertahankan kelangsungan hidup untuk perkembangan dan memperoleh laba.
Perusahaan dalam melaksanakan kegiatan usahanya harus mengkombinasikan berbagai bidang yang ada dalam perusahaan itu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Bidang-bidang tersebut ialah keuangan, produksi, sumber daya manusia serta pemasaran serta bidang-bidang lainnya yang di sesuaikan dengan kondisi perusahaan. Tujuan dari pengkombinasian empat bidang di atas disertai bidang lainnya adalah agar barang dan jasa yang di hasilkan berkualitas, tahan lama dan terjangkau oleh konsumen.
Dalam pembahasan mengenai merek, banyak hal yang harus dipertimbangkan agar bagaimana produk tersebut dapat diterima oleh konsumen. Caranya adalah menentukan bagaimana konsumen merasa puas dengan adanya  merek yang berkualitas.
Merek merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan pemasaran karena kegiatan memperkenalkan dan menawarkan produk tidak terlepas dari merek yang dihandalkan oleh perusahaan terhadap konsumen. Konsumen membandingkan apa yang mereka harapkan untuk diterima dengan apa yang benar-benar yang mereka terima selama tahap sesudah pembelian dalam proses pemakaian produk. Sikap konsumen memutuskan apakah konsumen puas atau tidak dengan pembelian produk dan hasilnya, dan sikap mereka juga membuat penilaian tentang merek, yang menempel pada produk. Walaupun merek, dan sikap konsumen adalah konsep yang berhubungan, keduanya bukanlah sesuatu yang benar-benar sama.
Bagi kebanyakan perusahaan, banyak cara yang digunakan untuk membedakan  produk  yang dihasilkannya dengan produk perusahaann lain agar konsumen tidak merasa bingung pada saat membeli adalah dengan menggunakan merek pada produknya. Disamping sebagai tanda pengenal merek juga mempunyai fungsi lain seperti simbol prusahaan agar citranya yang baik, pertahanan terhadap persaingan memperoleh kesetiaan konsumen  dengan merek yang bagus dan berkualitas, konsumen tidak merasa bingung untuk membeli barang yang sama.
Kebutuhan akan adanya iklan berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan informasi yang diperlukan  oleh konsumen. Hal ini yang menuntut mempengaruhi perkembangan media iklan, baik cetak maupun elektronik yang menjadi tempat menarik untuk memasang iklan produksi berbagai barang  secara besar-besaran mengharuskan pihak produsen membawa dan memperkenalkannya secara aktif pada para calon konsumen dan itu harus dilakukan melalui kegiatan periklanan. Produsen tidak bisa berdiam diri dan menunggu datangnya pembeli, tanpa iklan para konsumen yang tinggal jauh dari pusat-pusat produksi tidak akan memperoleh informasai mengenai adanya suatu barang yang dibutuhkan.
Dalam mengembangkan program iklan manager pemasaran harus selalu memulai dengan mengidentifikasikan pasar sasaran dan motif pembeli. Perusahaan tentunya harus mengadakan pendekatan dengan konsumen agar bisa mewujudkan tujuan utama perusahaan, hal ini diwujudkan satu diantaranya dengan melaksanakan iklan yang layak sehingga diharapkan konsumen dapat mengerti tentang iklan yang kita berikan.
Sebagai perusahaan bisnis untuk memberikan kualitas produk yang baik agar memuaskan konsumennya. Dari dulu sampai sekarang perusahaan menetapkan konsep kualitas yang memuaskan konsumen agar konsumen menikmati produk yang dihasilkan. Oleh karena itu, konsumen  mempunyai selera yang berbeda-beda dan apabila pihak manajemen kurang tanggap dalam menyikapi perilaku konsumen, tentunya akan berpindahnya konsumen ke perusahaan lainnya.
Situasi ini tentunya harus dapat dipahami oleh pihak manajemen perusahaan, agar dapat memasarkan produk - produknya harus lebih berkualitas yang dapat memuaskan konsumennya.

Berdasarkan judul di atas maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian yang diberi judul  PENGARUH  MEREK  DAN  IKLAN  TERHADAP  PERILAKU  KONSUMEN   PADA PD. GUCI MAS.

E. IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan uraian latar belakang penelitian yang telah dikemukakan tersebut, maka masalah yang diidentifikasikan oleh penulis adalah :
  1. Apa alasan yang mendasari penggunaan merek tersebut oleh PD. GUCI MAS ?
  2. Apakah merek yang dikeluarkan oleh PD. GUCI MAS mudah diingat ?
  3. Apakah merek yang dikeluarkan oleh PD. GUCI MAS bermakna ?
  4. Apakah merek yang dikeluarkan oleh PD. GUCI MAS banyak disukai ?
  5. Bagaimana pendapat konsumen tentang  merek perusahaan PD. GUCI MAS jika dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis ?
  6. Bagaimana sikap konsumen terhadap merek PD. GUCI MAS ?
  7. Bagaimana fungsi merek  pada PD. GUCI MAS ?
  8. Manfaat apa yang didapatkan konsumen dengan adanya merek pada produk PD. GUCI MAS ?
  9. Bagaimana iklan pada PD. GUCI MAS ?
  10. Bagaimana bentuk iklan pada PD. GUCI MAS ?
  11. Bagaimanakah iklan tersebut bisa di terima oleh masyarakat pada PD. GUCI MAS ?                                         
  12. Bagaimana  perilaku konsumen PD. GUCI MAS ?
  13. Bagaimana faktor perilaku konsumen pada PD. GUCI MAS ?
  14. Bagaimana pengaruh merek dan iklan terhadap perilaku konsumen pada PD. GUCI MAS ?

F.   BATASAN MASALAH
Untuk mempermudah dalam upaya penelitian ini maka adanya suatu batasan masalah. Adapun batasan masalah yang akan diteliti adalah sebagai berikut:    
1. Bagaimana merek pada PD. GUCI MAS ?
2. Bagaimana iklan pada PD. GUCI MAS ?
3.  Bagaimana perilaku konsumen PD. GUCI MAS ?
4.  Bagaimana Pengaruh Merek terhadap perilaku Konsumen pada PD. GUCI MAS ?
5.  Bagaimana pengaruh Iklan terhadap perilaku kionsumen pada PD. GUCI MAS  ?
6.  Bagaimana pengaruh merek dan iklan terhadap perilaku konsumen pada   PD. GUCI MAS?

G.  MAKSUD DAN TUJUAN PENELITIAN    
Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan teori yang didapat dan diperoleh dari bangku kuliah dengan kenyataan yang ada di lapangan, serta mencari dan mengumpulkannya hingga dapat menjawab permasalahan - permasalahan yang dihadapi perusahaan.


Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui merek pada PD. GUCI MAS?
2. Untuk mengetahui  iklan pada PD. GUCI MAS?
3. Untuk mengetahui perilaku konsumen pada PD. GUCI MAS?
4. Untuk mengetahui pengaruh merek terhadap perilaku konsumen pada PD. GUCI MAS?
5. Untuk mengetahui pengaruh iklan terhadap perilaku konsumen pada PD. GUCI MAS?
6. Untuk mengetahui pengaruh merek dan iklan terhadap perilaku konsumen pada PD. GUCI MAS?

H.  KEGUNAAN PENELITIAN
Hasil penelitian ini nantinya diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Secara besar penelitian ini berguna bagi :
1.    Bagi Penulis
Kegunaan penelitian ini bagi penulis yaitu untuk dapat membandingkan teori yang telah didapat di bangku perkuliahan dengan situasi dan kondisi yang ada pada perusahaan dan kenyataan kerja sehari-hari.
2.     Bagi Perusahaan
Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbang serta dapat memberikan suatu informasi yang dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan didalam menentukan kebijakan perusahaan untuk kegiatan selanjutnya.  
3.      Bagi pihak lain
Hasil dari penelitian ini dapat digunakan oleh khalayak umum sebagai bahan referensi serta dapat di gunakan penelitian lain sebagai bahan acuan untuk penelitian selanjutnya.

I.  Lokasi dan Waktu Penelitian
Pengumpulan data informasi yang akan peneliti peroleh dari PT. Columbindo Perdana Cabang Indramayu. Yang beralamat di Jl. DI Panjaitan Indramayu ,dengan uraian kegiatan sebagai berikut :
Tabel. 1
Waktu Penelitian
No.
Uraian Kegiatan
Waktu Perencanaan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7
Penentuan judul dan pengajuan
Penyusunan proposal
Seminar Proposal
Penulisan outline
Penelitian
Penulisan dan Bimbingan Skripsi
Sidang Skripsi
 Desember 2011
 Januari - April 2012
 Mei 2012
 Mei 2012
 Mei - Juli 2012
 Mei – Agustus 2012
 Agustus 2012


J.   TINJAUAN PUSTAKA
1.      Merek
Merek  yaitu suatu nama, istilah yang mudah diingatkan yang berbentuk tulisan atau simbol tentang produk tersebut.
 1.1    Pengertian Merek
Merek merupakan istilah atau simbol atau desain khusus atau kombinasi unsur-unsur ini yang dirancang untuk identifikasikan barang atau jasa yang di tawarkan penjual.
Menurut Buchari Alma ( 2007 : 147 ) mengemukakan bahwa:
 Merek adalah suatu tanda atau simbol yang memberikan identitas suatu barang atau jasa tertentu yang dapat berupa kata-kata gambar, atau kombinasi keduanya.
Menurut Basu Swastha ( 2007 : 135 ) mengemukakan bahwa:
 Merek adalah suatu nama, istilah, simbol, atau desain, atau kombinasinya yang di maksudkan untuk memberi tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang-barang yang di hasilkan oleh pesaing.

Menurut Herry Achmad Buchory dan Djaslim Saladin ( 2010 : 130 )
 Merek adalah suatu nama, istilah, tanda, lambang atau desain atau kombinasi dari semuanya, yang diharapkan mengidentifikasikan barang atau jasa dari sekelompok penjual dan diharapkan akan membedakan barang atau jasa tersebut dari produk-produk pesaing.

     Dari definisi diatas dapat diambil kesimpulannya bahwa merek adalah suatu nama atau simbol atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal  barang atau  jasa  dari seorang penjual atau sekelompok penjual di dalam suatu perusahaan yang membedakan dari perusahaan lain.
1.2  Penjelasan tentang merek
a.      Indikator merek adalah sebagai berikut:
Menurut Philip Kotler dan Kevin Lane alih bahasa oleh benyamin  molan ( 2007 : 342 ), adalah sebagai berikut:
1.              Dapat diingat
2.              Bermakna
3.              Disukai
4.              Dapat dirubah
5.              Dapat diadaptasikan
6.              Dapat dilindungi

Penjelasannya adalah:
1.    Dapat diingat
Merek sebaiknya dibuat dengn nama, istilah, lambang, atau desain yang mudah diingat, agar konsumen bisa mengingat  barang atau jasa yang diinginkannya.
2.    Bermakna
Dalam membangun merek diharapkan dapat memberikan kesan positif kepada konsumen terhadap barang atau jasa yang ditawarkan.
3.    Disukai
Merek yang disukai adalah merek yang dapat  memberikan kesan positif kepada konsumennya, sehingga konsumen akan tetap dan terus menggunakan barang atau jasa tersebut.
4.    Dapat diubah
Dalam hal yang memberikan nama merek sebaiknya dipilih nama yang mudah diganti atau diubah disesuaikan dengan kondisi yang ada.
5.    Dapat diadaptasikan
Memberikan nama merek yang baik adalah yang dapat disesuaikan kondisi pasar.
6.    Dapat dilindungi
Nama  merek sebaiknya harus  segera dipatenkan di badan hukum untuk mencegah perusahaan lain meniru atau memakai nama merek perusahaan kita.





   b. Tujuan memberikan merek
Menurut Buchari Alma ( 2007 : 149 ), tujuan memberikan merek adalah :
1.      Pengusaha menjamin konsumen bahwa barang yang dibeli berasal  dari perusahaan. Ini adalah untuk menyakinkan pihak konsumen membeli suatu barang dari merek dan perusahaan yang dikehendakinya, yang cocok dengan seleranya, keinginannya, dan kemampuannya.
2.      Perusahaan menjamin mutu barang. Dengan adanya merek ini perusahaan menjamin mutu barang yang dikeluarkannya berkualitas baik, sehingga dalam barang tersebut selain ada  merek-merek juga disebutkan peringatan-peringatan seperti apabila dalam sejenis ini tidak ada tanda tangan ini maka itu adalah palsu dan lain-lain.
3.      Pengusaha memberi nama pada merek barangnya supaya mudah diingat dan disebut sehingga konsumen dapat menyebutkan  mereknya saja.
4.      Meningkatkan ekuitas merek yang memungkinkan memperoleh  margin lebih tinggi, memberikan kemudahan dan mempertahankan kesetiaan konsumen.
5.      Memberi motivasi pada saluaran distribusi, karena barang dengan  merek terkenal akan cepat laku, dan mudah disalurkan, serta mudah penanganannya.

c.    Manfaat  Merek Bagi Produsen Atau Penjual

     Menurut Herry Achmad Buchory dan Djaslim Saladin ( 2010 : 134 ) adalah sebagai berikut :
1.    Memudahkan penjual mengolah pesanan-pesanan dan menekan masalah.
2.    Nama merek dan tanda dagang secara hukum akan melindungi penjual dari pemalsuan ciri-ciri produk karena jika tidak demikian setiap pesaing akan meniru produk tersebut.
3.    Memberi peluang bagi penjual kesetiaan konsumen pada produknya dengan menetapkan harga lebih tinggi.
4.    Membantu penjual dalam mengelompokan pasar ke dalam segmen-segmen.
5.    Citra perusahaan dapat dibina dengan adanya merek yang baik.
6.    Memberikan pertahanan terhadap persaingan haraga yang ganas.

d.   Manfaat Merek Bagi Konsumen
Menurut Djaslim Saladin ( 2007 : 85 ) adalah sebagai berikut:
1.    Dapat membedakan produk tanpa harus memeriksa secara teliti.
2.    Konsumen mendapat informasi tentang produk.

e.                 Bagian Dari Merek

       Menurut Djaslim Saladin ( 2007 : 84 ) adalah sebagai berikut:
1.    Nama merek adalah sebagian dari merek dan yang dapat diucapkan.  Contoh: Daihatsu, Avon, Casio.
2.    Tanda merek adalah sebagian dari merek yang dapat dikenal namun tidak dapat diucapkan seperti lambing, desain, atau warna khusus.  Contoh: “Tiga Berlian” dari Mitsubishi.
3.    Tanda merek dagang adalah merek atau sebagian dari merek yang dilindungi oleh hukum karena kemampuannya untuk menghasilkan sesuatu yang istimewa.
4.    Hak cipta adalah hak istimewa yang dilindungi oleh undang-undang untuk memproduksi, menerbitkan, dan menjual karya tulis atau karya musik.

f.       Menentukan Strategi Nama Merek

                          Menurut Herry Achmad Buchory dan Djaslim Saladin ( 2010 : 133 ), adalah sebagai berikut:
1.     Nama individual
2.     Nama yang meliputi keluarga
3.     Nama keluarga terpisah untuk seluruh produk
4.     Nama perusahaan digabungkan dengan nama produk individual
g.    Kriteria Bagi Merek Yang Tepat

            Menurut Djaslim Saladin ( 2007 : 86 ) adalah sebagai berikut:
1.    Merek harus menggambarkan sesuatu mengenai manfaat produk
2.    Merek harus menggambarkan kualitas, warna, dan sebagainya
3.    Merek harus mudah diucapkan
4.    Merek harus dapat didaftarkan dan mendapat perlindungan hukum.

h.   Dua Macam Strategi Dari Merek

            Menurut Djaslim Saladin ( 2007 : 86 ) adalah sebagai berikut:
1.  Brand Extantion Strategy, yaitu suatu usaha untuk menggunakan   brand yang sudah berhasil terhadap produk yang baru. Contoh: Rinso menjadi Rinso Baru.
2. Multybrand Strategy, yaitu untuk produk yang sejenis diberikan merek yang berada individual brand yang maksudnya agar seolah-olah antara produk tersebut saling bersaing. Contoh: sabun mandi yang dihasilkan Unilever, ada Lifeboy, Lux, dan lain-lain.

i.      Penggolongan Merek

            Menurut Djaslim Saladin ( 2007 : 86 ) adalah sebagai berikut:
1.    Berdasarkan pemiliknya
2.    Berdasarkan luas daerah geografis
3.    Berdasarkan tingkat pentingnya barang yang memakai merek
4.    Berdasarkan banyaknya barang yang menggunakan merek

j.  Alasan Perusahaan Tidak Menggunakan Merek

                        Menurut Herry Achmad Buchory dan Djaslim Saladin ( 2010 : 134 ) adalah sebagai berikut:
1.    Perusahaan tidak mau memikul tanggung jawab atas merek produknya karena alasan kualitas (misalnya rendah).
2.    Kesukaran dalam membedakan produk antar perusahaan (misalnya paku).
3.    Karena produk tersebut tidak mempunyai kemasan dan harga relative murah, sehingga merasa tidak perlu memakai merek.

2.      Iklan
                 Strategi perusahaan dalam rangka mewujudkan tujuan – tujuan utama perusahaan ialah dengan meningkatkan iklan kepada para pelanggan atau konsumen. Hal ini merupakan bentuk kesadaran bahwa iklan sangat menguntungkan bagi perusahaan untuk bersaing secara efektif.
2.1      Pengertian  Iklan
                 Iklan merupakan kunci penting dalam dunia usaha karena iklan itu sendiri merupakan bagian dari promosi. Munculnya berebagai penafsiran disebabkan karena banyaknya pendapat yang dikemukakan oleh ahli dalam sudut pandang yang berbeda.
     Menurut  Rendra Widyatama  ( 2007 : 16 ) dan menurut Riyanto (2001) menyatakan bahwa :
“Segala bentuk pesan tentang suatu produk atau jasa yang disampaikan lewat suatu media dan ditunjukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. ”sementara itu istilah iklan diartikan sebagai” keseluruhan proses meliputi persiapan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan penyampaian iklan.”

Menurut Rhenald Kasali ( 2007 : 9 )
“Iklan didefinisikan sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditunjukan kepada masyarakat lewat suatu media.”
Menurut Sutisna ( 2006 : 275 ) Iklan adalah :
“Setiap bentuk-bentuk penyajian apapun untuk sebuah produk ide tau gagasan-gagasan oleh sponsor dan menggunakan media, seperti majalah, radio, televisi, ataupun surat kabar.”
Jadi kesimpulannya iklan adalah sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditunjukan kepada masyarakat lewat suatu media.
2.2 Indikator Iklan
Dalam hal ini penulis menjadikan pendapat Rendra widyatama (2007:16)
sebagai indikator dari iklan :
1.      Penyampaian
2.      Media

Penjelasannya :

Ad. 1 Penyampaian
Suatu proses dalam  penyajian pesan maupun informasi dalam mengenalkan suatu produk barang atau jasa.
Ad. 2 Media
Suatu sarana atau alat pemberian informasi untuk berkomunnikasi dalam bentuk visual maupun audio visual.

2.3 Penjelasan  tentang  iklan.
a. Prinsip – prinsip Iklan
Pembuatan iklan harus direncanakan dengan baik. Suatu iklan yang dibuat harus didasarkan pada prinsip – prinsip iklan. Prinsip – prinsip ini akan menjadi dasar dalam pembuatan iklan.
Menurut Rendra Widyatama ( 2007 : 17 ) iklan mengandung 6 prinsip dasar, yaitu sebagai berikut:
1.      Adanya pesan tertentu
2.      Dilakukan oleh komunikator (sponsor)
3.      Dilakukan dengan cara non personal
4.      Disampaikan untuk khalayak tertentu
5.      Dalam menyampaikan pesan tertentu, dilakukan dengan cara membayar.
6.      Penyampaian pesan tersebut, mengharapkan dampak tertentu.

Penjelasannya adalah:
Ad. 1.  Adanya pesan tertentu.
                                    Sebuah iklan tidak akan ada tanpa adanya pesan. Tanpa pesan, iklan tidak akan berwujud. Bila di media cetak, ia hanya ruang kosong tanpa tulisan, gambar atau bentuk apapun, bila di media radio, tidak akan terdengar suara apapun, bila di media televisi, tidak terlihat gambar dan suara apapun, maka ia tidak dapat disebut iklan karena tidak terdapat pesan.
Ad. 2.  Dilakukan oleh komunikator (sponsor).
                                    Pesan iklan ada karena dibuat oleh komunikator, sebaliknya, bila tidak ada komunikator, maka tidak akan ada pesan iklan. Dengan demikian, ciri sebuah iklan, adalah bahwa pesan tersebut dibuat dan disampaikan oleh komunikator atau sponsor tertentu secara jelas komunikator dalam iklan dapat datang dari perseorangan, kelompok masyarakat, lembaga atau organisasi bahkan negara.
Ad. 3.  Dilakukan dengan cara non personal.
                                    Dari pengertian iklan yang diberikan, hampir semua menyepakati bahwa iklan merupakan penyampaian pesan yang dilakukan secara non personal. Non personal artinya tidak dalam bentuk tatap muka. Penyampaian pesan dapat disebut iklan bila dilakukan melalui media. (yang kemudian disebut dengan media periklanan).


Ad. 4.  Disampaikan untuk khalayak tertentu.
                                    Iklan diciptakan oleh komunikator karena ingin ditunjukan kepada khalayak tertentu. Dalam dunia iklan, khalayak sasaran cenderung bersifat khusus. Pesan yang disampaikan tidak dimaksudkan untuk diberikan kepada semua orang, melainkan kelompok target audience tertentu. Sasaran khalayak yang dipilih tersebut didasarkan pada keyakinan bahwa pada dasarnya setiap kelompok khusus audience memiliki kesukaan, kebutuhan, keinginan, karakteristik dan keyakinan khusus. Dengan demikian, pesan yang diberikan dirancang khusus yang sesuai dengan target khalayak. Bilamana target audience diganti, maka sudah tentu akan mempengaruhi bentuk dan strategi iklan. Sebuah bentuk dan strategi pesan tunggal tidak cocok untuk diterapkan atau ditujukan pada semua khalayak.
Ad. 5.  Dalam penyampaian pesan tersebut.
dilakukan dengan cara membayar. Dalam kegiatan iklan istilah membayar sekarang ini harus dimaknai secara luas, sebab kata membayar tidak saja dilakukan dengan alat  tukar  uang, melainkan dengan cara barter berupa ruang, waktu dan kesempatan. Misalnya, hendak mengadakan kegiatan seminar, dan event tersebut di iklankan di radio. Anda dapat tidak membayar, tetapi dapat dengan memberikan kesempatan kepada pengelola radio untuk memasang nama atau logonya sesuai dengan kesepakatan.
Ad. 6.  Penyampaian pesan tersebut mengharapkan dampak tertentu.
                                    Dalam  sebuah visualisasi iklan, seluruh pesan dalam iklan semestinya merupakan pesan yang efektif. Artinya, pesan yang mampu menggerakkan khalayak agar mengikuti pesan iklan. Semua iklan pasti memiliki tujuan tertentu, yaitu berupa dampak tertentu di tengah khalayak.

a.         Fungsi  iklan 
Iklan memiliki fungsi – fungsi pokok yang dapat berguna bagi kegiatan pemasaran. Iklan dapat dengan mudah di temukan dalam kehidupan sehari – hari. Iklan telah menjadi bagian yang sangat penting dalam bagi suatu perusahaan yang berupaya meningkatkan volume penjualannya.
Menurut Rendra Widyatama ( 2007 : 17 ) iklan memiliki tiga fungsi pokok, yaitu:
1.      Iklan mampu memberikan informasi
2.      Iklan mampu mengemban fungsi mempersuasi khalayak
3.      Iklan mampu mengemban fungsi mendidik khalayak
Penjelasannya adalah :
Ad. 1. Iklan mampu memberikan informasi
Bahwa iklan memberikan informasi – informasi yang berharga bagi khalayaknya. Informasi tersebut berupa pengenalan adanya produk, bagaimana cara menggunakan produk, dimana dan kapan produk dapat dibeli, dan sebagainya.
Ad. 2.  Iklan mampu mengemban fungsi persuasi khalayak.
Membujuk konsumen agar mengikuti apa yang disarankan dalam isi pesan iklan. Wujud persuasi yang diperlihatkan  dalam iklan dapat berupa membujuk agar  mencoba, membeli, memakai atau mengkonsumsi, menumbuhkan keyakinan terhadap produk tertentu, memelihara keyakinan terhadap produk, menciptakan, meningkatkan, dan mengembangkan permintaan terhadap produk, dan sebagainya.
Ad. 3.  Iklan mampu mengemban fungsi mendidik khalayak
Mengajarkan khalayak atau suatu konstruksi tertentu suatu yang diajarkan tersebut dapat berupa cara pemakaian, perakitan, pemasangan, penggunaan produk dan semacamnya.

     c.  Jenis – jenis iklan
                        Menurut  Rendra Widyatama ( 2007 : 102 ) berdasarkan tujuannya iklan dibagi menjadi:
1.      Iklan komersial
2.      Iklan layanan masyarakat
Penjelasannya adalah:
Ad. 1. Iklan  komersial
Iklan komersial sering disebut pula dengan iklan bisnis sebagaimana namanya, iklan komersial atau iklan bisnis bertujuan mendapatkan keuntungan ekonomi, utamanya peningkatan penjualan. Produk yang ditawarkan dalam iklan ini sangat beragam baik barang, jasa, ide, keanggotaan organisasi, dan lain – lain.
Ad. 2.  Iklan  layanan  masyarakat.
Iklan  layanan masyarakat adalah iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi, mempersuasi atau mendidik khalayak dimana tujuan akhir bukan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial. Keuntungan sosial yang dimaksud adalah munculnya penambahan pengetahuan, kesadaran sikap dan perubahan perilaku masyarakat terhadap masalah yang diiklankan, serta mendapatkan citra baik dimata masyarakat.
           
                        Tujuan pembuatan iklan pada dasarnya sama, yaitu untuk mempengaruhi orang lain agar memiliki produk yang komunikator  tawarkan. Akan tetapi ada yang bersifat komersial maupun layanan masyarakat.
          2.  Iklan berdasarkan media  
 Perkembangan teknologi ikut mendorong perkembangan media iklan. Media iklan kini telah bermacam – macam. Media – media ini disesuaikan dengan kebutuhan dari komunikatornya.
          Menurut  Rendra Widyatama ( 2008 : 102 ) berdasarkan medianya iklan dibagi menjadi:
1.   Iklan  cetak
2.   Iklan  elektronik
Penjelasanya adalah:
Ad. 1. Iklan cetak.
Iklan yang dibuat dan dipasang dengan menggunakan teknik cetak, baik cetak dengan teknologi sederhana maupun teknologi tinggi. Berbagai teknik cetak yang ada, misalnya dengan prinsip letterpress, photo lithography, photo gravure, sablon, inkjet, dan laser. Media yang digunakan dalam teknik cetak tersebut sangat beragam, mulai dari kertas, plat mental, kulit, plastik, kaca, kain, dan sebagainya. Iklan yang dibuat dengan menggunakan teknik cetak ini, pada akhirnya lebih populer disebut dengan nama sesuai dengan bentuk dan format media cetak. Beberapa bentuk iklan cetak yaitu: iklan cetak surat kabar, iklan cetak majalah, tabloid, iklan cetak baliho, iklan cetak poster, iklan leaflet, iklan spanduk, flyers, kemasan produk, stiker, balon udara, bus panel, dan berbagai iklan cetak lainya.
Ad. 2. Iklan  elektronik
                      Disebut  iklan elektronik karena media yang digunakan sebagai tempat dipasangnya pesan iklan adalah karena menggunakan media yang berbasis perangkat elektronik. Secara lebih spesifik, iklan elektronik dapat dibagi menjadi 4 jenis yaitu  iklan radio, iklan televisi, iklan film. Serta iklan yang dipasang dalam media jaringan atau internet, baik media cetak maupun media elektronik, harus dibuat secara baik agar dapat diterima oleh masyarakat, tujuan dari pembuatan iklan tersebut dapat dicapai sehingga dapat meningkatkan volume penjualan.

d.   Langkah – langkah dalam iklan 
Langkah – langkah dalam iklan dikenal dengan istilah 5m. Adapun langka – langka tersebut, antara lain:
-          Mission yaitu menetapkan tujuan dan sasaran iklan
-          Money yaitu menetapkan anggaran iklan.
 e.   Faktor –faktor  yang mempengaruhi periklanan
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi periklanan menurut Basu Swastha dan Irawan ( 2005: 365 ) yaitu :
1.    Jenis produk
2.    Sifat pasar
3.    Keadaan persaingan

Keterangan :
1.  Jenis produk
Terdiri barang konsumsi dan barang industri.Periklanan dianggap sangat penting di dalam pemasaran barang konsumsi, karena memerlukan distribusi yang luas.
2.  Sifat pasar
Sifat pasar merupakan salah satu faktor penentu dalam periklanan, sifat pasar meliputi :
a.  Luas pasar secara geografis.
            Periklanan dapat ditentukan menurut batas – batas geografis yang jelas,    seperti pasar lokal, pasar nasional, pasar Internasional.
b.  Konsentrasi pasar
     Perusahaa yang memutuskan penjualannya pada satu kelompok pembeli saja akan mengadakan periklanan yang berbeda dengan perusahaan yang memusatkan penjualannya pada semua kelompok.
c.  Macam Pembeli
     Macam pembeli terdiri dari pembeli industri, konsumsi rumah tangga, dan pembeli lainnya.
3.  Keadaan persaingan
      Keadaan yang menggambarkan pengaruh dari upaya dan usaha yang dilakukan perusahaan lain yang menjual produk yang sama atau mempunyai aktivitas yang sama.

 3.    Perilaku  Konsumen.
Istilah perilaku erat hubungannya dengan objek  yang studinya diarahkan pada permasalahan manusia. Dibidang studi pemasaran, konsep perilaku konsumen secara terus – menerus dikembangkan dengan berbagai pendekatan untuk memahami konsumen dengan mengembangkan strategi pemasaran yang tepat kita harus memahami apa yang mereka pikirkan dan mereka rasakan.
3.1   Pengertian  Perilaku Konsumen.
                   Perilaku  konsumen dapat dikatakan bahwa perilaku konsumen merupakan studi tentang bagaimana pembuatan keputusan, baik individu, kelompok, ataupun organisasi, yang  membuat keputusan – keputusan beli atau melakukan transaksi pembelian suatu produk dan mengkonsumsinya.
Menurut  Husein Umar ( 2005 : 49 ) mengatakan bahwa:
Perilaku konsumen adalah sebagai suatu tindakan yang langsung dalam, mendapatkan, mengkonsumsi serta menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului penyusul tindakan tersebut.
        Menurut Titiek Nurbiyati dan Mahmud Machfoeds (2005 : 54) mengemukakan bahwa:
Perilaku konsumen adalah cara konsumen merespon perbedaan ciri produk, harga, dan tingkat efektifitas pengaruh iklan perusahaan dibandingkan dengan iklan pihak pesaing.


            Menurut  Ristiyanti Prasetijo ( 2005 : 9 ) mengemukakan bahwa:
            “Perilaku Konsumen adalah suatu proses atau hubungan antara beberapa tahap yang saling mempengaruhi antara tahap perolehan, tahap konsumsi, tahap tindakan pasca beli.
                        Dari definisi diatas perilaku konsumen dapat diartikan sebagai suatu tindakan yang langsung dalam, mendapatkan, mengkonsumsi serta menghabiskan produk dan jasa.

3.2 Indikator Perilaku Konsumen
                        Dari definisi pendapat ahli diatas penulis menjadikan pendapat Husain Umar (2005:49) sebagai indikator dari perilaku konsumen.
1.      Tindakan konsumen dalam mendapatkan produk
2.      Tindakan konsumen dalam mengkonsumsi produk.
3.      Tindakan konsumen dalam menghabiskan produk.

      Penjelasannya :
      Ad 1. Tindakan konsumen dalam mendapatkan produk
Upaya ingin memiliki suatu produk yang diinginkan  dengan  cara mencari dan membeli produk tersebut.
      Ad 2. Tindakan konsumen dalam mengkonsumsi produk.
      Menggunakan, mengevaluasi
      Ad 3. Tindakan konsumen dalam menghabiskan produk.
Apa yang dilakukan oleh konsumen setelah produk itu digunakan atau  dikonsumsi.
     

3.3  Faktor - faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
                             Menurut Philip Kotler ( 2007 : 214 ) mengemukakan bahwa faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah :
1.    Faktor Kebudayaan ( Cultural Factors )
a.    Budaya
Adalah faktor penentu keinginan dan perilaku seseorang yang paling mendasar.
b.    Kelas sosial
Adalah sekelompok yang relatif homogen dan bertahan lama dalam suatu masyarakat, yang tersusun dalam sebuah urutan, jenjang, dan setiap anggota jenjang memiliki nilai, minat, dan tingkah laku yang sama.
2.    Faktor Sosial ( Social Factors )
a.    Kelompok referensi
Adalah kelompok yang memberikan pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap sikap dan perilaku seseorang.
b.    Keluarga
Adalah suami istri dan anak-anak yang dapat memberikan pengaruh kuat terhadap perilaku konsumen.
c.    Peranan dan Status
Kedudukan seseorang dalam tiap kelompok.
3.    Faktor Pribadi ( Personal Factors )
a.    Usia dan Daur hidup
Adalah ciri-ciri kepribadian yang dimiliki seseorang.
b.    Pekerjaan
Adalah jenis pekerjaan yang dimiliki seseorang juga mempengaruhi keputusan pembeli.
c.    Keadaan ekonomi
Adalah terdiri atas pendapatan yang dapat dibelanjakan, tabungan dan milik kekayaan kemampuan meminjam dan sikapnya terhadap pengeluaran lawan menabung.
d.   Gaya Hidup
Adalah pola hidup seseorang sehari-hari yang dinyatakan dalam kegiatan, minat, dan pendapatan. Bagaimana perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari, ada yang sederhana, ada yang boros, dan ada pula yang pelit.
e.    Kepribadian dan konsep diri
Adalah ciri psikologis yang membedakan yang secara relatif, tetap dan bertahan dengan lingkungannya.

4.    Faktor Psikologis ( Psychological Factors )
a.       Motivasi
Adalah suatu dorongan yang cukup kuat yang mendesak untuk mengarahkan seseorang agar dapat memenuhi keputusan terhadap kebutuhan.
b.      Persepsi
Adalah penerimaan atau tanggapan seseorang terhadap suatu situasi.
c.       Belajar
Adalah penggambaran perubahan perilaku seseorang yang bersumber dari pengalaman.
d.      Keyakinan dan Sikap
Kepercayaan adalah suatu gagasan deskriptif yang dianut seseorang tentang sesuatu.
Sikap adalah penilaian kognitif yang baik atau tidak, perasaan emosional dan tentu terhadap beberapa objek atau gagasan.

3.3.   Modal, Sikap dan Perilaku
          Sikap dan perilaku konsumen juga merupakan bagian dari konsep perilaku konsumen yang lain. Untuk mengukur sikap dan perilaku konsumen dapat dilakukan dengan modal multiatribut. Salah satu modal sikap yang terkenal adalah modal sikap yang dibentuk seseorang terhadap objek tertentu.
                                    Model ini digunakan dengan maksud agar diperoleh konsistensi antara sikap dan perilakunya. Sehingga model fishbein ini memiliki dua komponen, yaitu komponen sikap dan komponen norma subyektif seperti yang dikemukakan,
                             Menurut Husein Umar (2005 :57 ) mengemukakan bahwa model sikap dan perilaku konsumen adalah :
a.      Komponen sikap
Komponen ini bersifat internal individu, ia berkaitan langsung dengan objek penelitian dan atribut-atribut langsungnya akan memiliki peranan yang penting dalam pengukuran perilaku, karena akan menentukan tindakan apa yang akan dilakukan, dengan tidak dipengaruhi oleh factor eksternal.
b.     Komponen Norma Subyektif
Komponen ini bersifat eksternal individu yang mempunyai pengaruh terhadap perilaku individu. Komponen ini dapat dihitung dengan cara mengalihkan antara nilai kepercayaan normative individu terhadap atribut dengan motivasi bersetuju terhadap atribut tersebut. Kepercayaan normative mempunyai arti sebagai suatu kuatnya keyakinan normative seseorang terhadap atribut yang ditawarkan dalam mempengaruhi perilakunya terhadap objek. Sedangkan motivasi bersetuju merupakan motivasi seseorang untuk bersetuju dengan atribut yang ditawarkan sebagai faktor yang berpengaruh terhadap perilakunya.

                        Dari pendapat diatas, dapat dijelaskan bahwa perilaku konsumen merupakan sikap dan tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok, atau organisasi dalam mendapatkan, mengkonsumsi serta menghabiskan produk dan jasa tersebut, yang dapat dipengaruhi oleh lingkungan.
J.  Hubungan antara Merek dan Iklan Terhadap Perilaku Konsumen
Menurut Surachman S.A ( 2008 : 57 ) menyatakan bahwa:
Secara umum, jika sebuah produk gagal (merek dibawah harapan) perusahaan akan berusaha menemukan penyebeb kegagalan terhadap merek atau produk tersebut, jika kegagalan tersebut dikarenakan mutu produk itu sendiri.

Pernyataan ini sebuah merek dapat mencakup manfaat emosional dan manfaat ekspresi diri :
a.    Manfaat emosional berhubungan dengan kemampuan merek tersebut untuk membuat pembeli atau pengguna merek merasakan suatu pada saat proses pembelian sekaligus dapat dijadikan pengalaman.
b.    Manfaat diri akan terasa ada, ketika merek itu dapat memberikan gambaran diri orang yang dapat menyatakan citra pribadi tertentu”.

Menurut fandy tjiptono ( 2007 : 226 ) iklan adalah :

“Iklan adalah bentuk komunikasi yang tidak langsung,yang didasari pada informasi tentang keunggulan atau keuntungan suatu produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian”

Iklan dapat disimpulkan sebagai  cara untuk memperkenalkan produk atau jasanya yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempengaruhi konsumen, agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Sasaran iklan biasanya lebih mempengaruhi perilaku dibandingkan dengan sikap. Pembelian segera adalah tujuan dari pembuatan iklan terlepas bentuk apapun yang diambil. Karena itulah, kelihatannya lebih masuk akal ketika merencanakan suatu iklan untuk target pelanggan sehubungan dengan perilaku umum.
Oleh karena itulah merek dan iklan pada akhirnya akan menentukan perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan untuk membeli produk-produk yang berkualitas, artinya apabila produk itu dianggap berkualitas oleh konsumen maka konsumen akan tetap mempertahankan dalam pembelian produk tersebut. Dan sebaliknya juga produk tidak berkualitas lagi, maka konsumen akan berpindah ke perusahaan lain.
K. Jurnal  
Tabel 1.1
Penelitian Terdahulu

No

Nama Peneliti
Judul
Variabel
Hasil Penelitian
1.
Asyari
(2009)
Pengaruh merek terhadap sikap konsumen pada kasus ( pada kasus merek Honda vario pada CV Karya Perdana Indramayu)
Merek ( x1) dan sikap konsumen (y)
Berdasarkan hasil penelitian mengenai merek yang ditunjukan dengan indikator .Dapat  diingat , Bermakna, Disukai, Dapat diubah, Dapat diadaptasikan, Dapat dilindungi, berdasarkan tanggapan responden dilaksanakan dengan klasifikasi baik.Yang ditunjukan dengan tanggapan responden sebanyak 4130 / 5700 x 100 = 72,45614 = 72 % artinya responden yang menanggapi merek dengan klasifikasi baik.
2.
Iin cusiliyani
(2007)
Pengaruh Periklanan Terhadap penjualan  ( pada Alfamart Usaha Tira Lelea )
periklan (X2), penjualan(Y)
Periklanan merupakan upaya yang dilakukan penjual agar produknya dapatdiketahui dan dibeli oleh konsumen, sehingga perusahaan skor yang diberikan oleh responden terhadap periklanan sebesar 160 / 200 = 80 % artinya responden menanggapi variabel periklanan dengan klasifikasi.

3
Nenden Paoman Tri Asih
 (2006)
Pengaruh Perilaku konsumen Terhadap keputusan Pembeli produk pada Toserba Yogya Indramayu
Perilaku Konsumen (X1), Keputusan Pembeli (Y)
 Perilaku konsumen pada Toserba Yogya lebih banyak dipengaruhi oleh Indikator keragaman barang dan hagra produk yang ditawarkan oleh pihak toserba Yogya namun secara umum perilaku konsumen memiliki persepsi yang bervariasi dalam proses pembelian suatu produk pada toserba yogya Indra yang menunjukan seberapa dari pada perilaku konsumen daripada kontribusi dimana jumlah skor variabel perilaku konsumen adalah 2206 / 6 = 367 (rata – rata skor ) 367/6 (5 x 100 ) =0,1223 % = 12,23 % jadi kontribusi perilaku konsumen sebesar 12,23 % termasuk kedalam klasifikasi cukup variatif. 

L.  KERANGKA PEMIKIRAN
Merek merupakan salah satu dari bagian produk yang utamanya adalah untuk membedakan produk yang satu dengan yang lainnya. Bukan itu saja, merek juga ikut andil penting dalam pemasaran selain konsumen mengenal, mengingat produk  yang kita tawarkan, perusahaan memberi nama merek yang lebih mudah dihapal agar para konsumen mudah mengingat dan tidak salah memilih produk. 

Menurut Herry Achmad Buchory dan Djaslim Saladin (2010:130)
“Merek adalah suatu nama, istilah, tanda, lambang atau desain atau kombinasi dari semuanya, yang diharapkan mengidentifikasikan barang atau jasa dari sekelompok penjual dan diharapkan akan membedakan barang atau jasa tersebut dari produk-produk pesaing”.

Dengan adanya merek yang membuat produk yang satu beda dengan yang lain diharapkan akan memudahkan konsumen dalam menentukan produk yang akan dikonsumsinya berdasarkan berbagai pertimbangan serta menimbulkan kesetiaan terhadap suatu merek. Kesetiaan konsumen terhadap suatu merek atau brand yaitu dari pengenalan, pilihan dan kepatuhan pada suatu merek.
Penggunaan iklan tidak terlepas dari kemampuan serta tujuan dari perusahaan. Kemampuan dalam hal ini adalah biaya. Biaya sangat menentukan strategi iklan yang akan dibuat. Biaya iklan ini harus disesuaikan dengan tujuan dan sasaran yang akan  dicapai.
Menurut Rendra widyatama ( 2008 : 15 )
Iklan merupakan bentuk kegiatan komunikasi non personal yang disampaikan lewat media dengan membayar uang yang dipakainya untuk menyampaikan pesan yang sifatnya membujuk ( persuasif ) kepada konsumen oleh perusahan, lembaga non – komersial, maupun pribadi yang berkempentingan”.

Iklan merupakan hal terpenting bagi perusahaan, guna untuk membantu dalam bidang pemasaran produk yang dipasarkan, juga mudah bagi konsumen untuk mengenali produk baru yang diperkenalkan oleh perusahaan.
Menurut Titiek Nurbiyati dan Mahmud Machfoeds (2005 : 54) mengemukakan bahwa:
Perilaku konsumen adalah cara konsumen merespon perbedaan ciri produk, harga, dan tingkat efektifitas pengaruh iklan perusahaan dibandingkan dengan iklan pihak pesaing.
                             Tidak hanya merek dan iklan saja tetapi perilaku konsumen harus diperhatikan karena perilaku konsumen yang menentukan diterima atau tidaknya produk tersebut, sehingga para pemasar akan memahami perilaku konsumen sehingga merek dan iklan yang dipasarkan sesuai apa yang di inginkan konsumen









M. HIPOTESIS
           Dalam penelitian ini, peneliti membuat suatu hipotesis yaitu diduga terdapat pengaruh antara Merek dan Iklan terhadap perilaku konsumen dan hipotesis sebagai berikut : 


 

Perilaku Konsumen
(Y)
 
                                                                       
                                                                


 



Secara hipotesis statistik dapat dinyatakan sebagai berikut :
Hox.y ; r = o                Tidak ada pengaruh yang antara merek terhadap Perilaku konsumen
Hax.y  r  ≠ o                Ada pengaruh yang antara merek terhadap Perilaku Konsumen
Ho.x.y ; r = o               Tidak ada pengaruh yang antara Iklan terhadap Perilaku Konsumen
Ha.x.y ; r ≠ o               Ada pengaruh yang antara Iklan terhadap Perilaku Konsumen
Ho.xx.y ; r = o             Tidak ada pengaruh yang antara merek dan Iklan terhadap Perilaku Konsumen
Ha.xx.y: r ≠ o              Ada pengaruh yang antara merek dan Iklan terhadap Perilaku Konsumen
N. OBJEK DAN METODELOGI
1.      Objek Penelitian
Objek penelitian ini adalah merek dan kemasan terhadap penjualan pada PD. GUCI MAS.
2.      Metodologi Penelitian
Menurut Sugiyono (2012:1)
    Penelitian merupakan suatu cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.
                           Metodologi penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif. Menurut Husein Umar, metode deskriptif adalah suatu metode penelitian yang memberi gambaran mengenai suatu masalah yang terjadi pada saat penelitian yang berlangsung, meliputi data dianalisis, diolah, dan dianalisis sehingga dapat dicari alternatif pemecahannya dan dipertanggungjawabkan.
a.   Populasi dan Sampel
            Menurut Sugiyono (2012:61)
                                    Populasi adalah wilayah generalisai yang terdiri dari objek / subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang terapkan oleh peneliti untuk mempelajari kemudian ditarik kesimpulannya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen PD. GUCI MAS yang terdiri dari pedang besar, pedagang kecil, toko, kios, dan lain sebagainya.
            Menurut Sugiyono (2012:62)
               Sampel adalah bagian dari jumlah karakteristik yang dimiliki oleh populasi. Untuk menentukan jumlah sampelnya mempergunakan rumus slovin dari Husein Umar (2005 : 146)



 
 


Dimana :
n          =  Ukuran Sampel
N         =  Ukuran populasi
e       =  Persen kelonggran ketidaktelitian kerena kesalahan pengambilan sampel yang masih dapat ditolerir atau diinginkan, misalnya 2%.

b.      Operasional Variabel.
Sesuai dengan judul yang dipilih, yaitu Pengaruh Merek dan Iklan terhadap Perilaku Konsumen. Terdapat 3 Variabel, variabel bebas (X1) Merek dan variabel (X2) Iklan terhadap variabel terikat (Y) Perilaku Konsumen yang saling berhubungan dimana variabel terikat dipengaruhi oleh 2 variabel bebas.
       Berdasarkan variabel-variabel tersebut penulis menentukan indikator-indikator dari masing –masing variabel, lalu penulis membuat Angket/ Qusioner sesuai dengan indikator-indikator yang telah ditentukan. Data yang diperoleh dari hasil angket lalu diukur secara ordinal dengan menggunakan skala likert, menurut
-          Menurut  Husein Umar ( 2005 : 132-133), Yaitu :
·         Sangat baik              bobot 5
·         Baik                         bobot 4
·         Cukup                      bobot 3
·         Tidak baik                bobot 2
·         Sangat tidak baik     bobot 1

            Dari hasil pengukuran tersebut lalu penulis analisis kemudian baru di ketahui hasilnya. Indikator  dan variabel  yang akan  dikaji dalam penelitian  ini  adalah sebagai  berikut:
Tabel 1.1
Operasional  Variabel
Variabel
Indikator
Pengukuran
Item Angket
Merek
(X1)

1.  Dapat diingat
2.  Bermakna
3.  Disukai
4.  Dapat dirubah
5.  Dapat diadaptasikan
6.   Dapat dilindungi

Philip Kotler dan Kevin Lane alih bahasa oleh benyamin  molan ( 2007 : 342 )




Ordinal

1, 2
3, 4
       5, 6
  7, 8
       9,10
       11,12

Iklan
(X2)
1.     Penyampaian/penyajian
2.     Media
Rendra widyatama (2007:16)
Ordinal
1, 2
3, 4

Perilaku Konsumen
(Y)
1.Tindakan konsumen dalam mendapatka produk
2.Tindakan konsumen dalam mengkonsumsi produk.
3.Tindakan konsumen dalam menghabiskan produk.

Husain Umar (2005:49)
Ordinal
1, 2


3, 4


5, 6




c.    Metode Pengumpulan Data
            Pengumpulan bahan tulisan ini dilakukan dengan :
a.    Study Kepustakaan (Library Research)
Dalam hal ini penulis mengumpulkan dan mempelajari buku-buku, literatur-literatur serta data-data lainnya yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.
b.     Study Lapangan (Field Research)
Penulis mengadakan penelitian langsung di lapangan untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini penulis menggunakan taktik :
·      Obsevasi (Peninjauan)
Yaitu suatu cara dengan mengamati secara langsung pada objek yang akan diteliti (sasaran).
·      Interview (Wawancara)
Yaitu suatu cara atau taktik untuk mengumpulkan data dengan cara mengadakan tanya jawab serta tatap muka dan langsung dari        pihak-pihak yang berwenang, yang ada hubungannya dengan objek yang sedang diamati dan diteliti.
·      Kuisioner (Angket)
Kuisioner merupakan taktik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara membeli seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya.

       d.  Sumber  Data
Adapun data yang digunakan untuk menunjang penelitian ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu :
1.    Data Primer
Data yang diperoleh secara langsung dari sumbernya, yaitu dengan mengadakan pengamatan secara langsung pada lokasi penelitian.
2.    Data Sekunder
Data sekunder merupakan struktur dari historis mengenai           variabel-variabel yang telah dikumpulkan dan dihimpun sebelumnya dari pihak lain. Sumber data sekunder diperoleh dari dalam perusahaan, perpustakaan umum, lembaga pendidikan dan keterangan dari pihak lain yang relevan dengan masalah yang diteliti.

e.  Kategori  Jumlah  Skor  per Indikator, Variabel X1, X2 dan                Variabel Y.
Pengukuran Data menurut skala kategori, menurut Nur Indrianto dan Bambang Supomo (1999: 104), adalah sebagai berikut :

81% - 100%          = Sangat Baik / Sangat Setuju / Sangat Sesuai
61% - 80%            = Baik / Setuju / Sesuai
41% - 60%            = Sedang / Cukup setuju / Cukup Sesuai
21% - 40%            = Kurang / Tidak Setuju / Tidak Sesuai
1% - 20%             = Tidak Baik / Sangat Tidak Setuju / Sangat Tidak Sesuai.

f.   Validitas  dan  Reliabilitas Instrumen Penelitian.
Validitas berarti instrumen tersebut dapat digunakan untuk mengukur apa yang hendak di ukur. Instrumen yang valid berarti alat ukur yang digunakan untuk mendapatkan data (mengukur) itu valid. Dengan demikian Validitas memiliki arti sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur dalam melaksanakan fungsi ukurnya, dan kaitannya dengan tujuan pengukuran. Ketepatan suatu pengujian hipotesa tentang pengaruh variabel penelitian tergantung pada kualitas data yang dipakai dalam pengujian tersebut. Validitas menunjukan sejauh mana suatu alat pengukur itu mengukur apa yang ingin diukur.
Menurut Sugiyono (2010 : 352-353), menyatakan bahwa :
Terdapat tiga cara pengujian validitas, yaitu : Validitas kontruk (Contruct Validity), Validitas isi (Content Validity), dan Validitas eksternal.
Pada penelitian ini, pengujian validitas yang akan dilakukan adalah Validitas kontruk (Contruct Validity), maka digunakan pendapat dari ahli (judgment experts). Dalam hal ini setelah instrumen dikontruksi tentang aspek-aspek yang akan diukur dengan berlandaskan teori tertentu, maka selanjutnya dikonsultasikan dengan ahli. Para ahli diminta pendapatnya tentang instrumen dapat digunakan tanpa perbaikan, ada perbaikan, dan mungkin dirombak total.


         g.   Validitas  Instrumen  Penelitian.
Setelah pengujian kontruk dari ahli selesai, maka diteruskan uji coba instrumen. Instrumen yang telah disetujui para ahli tersebut dicobakan pada sampel dari mana populasi diambil. Setelah data ditabulasikan, kemudian pengujian validitas kontruk dilakukan dengan analisis faktor, yaitu dengan mengkorelasikan antar skor item instrumen, dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment, yaitu :
                                                (Sugiyono, 2010 : 228)
Dimana : r      = Koefisien korelasi
               X       = Skor jawaban responden
               Y       = Jumlah skor jawaban responden
  N       = Jumlah responden.
-  Jika r hitung > r tabel maka item disebut valid.
-  Jika r hitung < r tabelmaka item disebut tidak valid.

         h.   Reliabilitas Instrumen Penelitian.
            Suatu alat pengukur apabila dipakai dua kali untuk mengukur gejala yang sama, dan hasil pengukuran yang diperoleh relatif konsisten, maka alat pengukur tersebut reliabel. Dengan kata lain, reliabilitas menunjukan konsistensi suatu alat pengukur di dalam mengukur gejala yang sama.
            Menurut Sugiyono (2010 :354), menyatakan bahwa :
Pengujian reliabilitas instrumen dapat dilakukan secara eksternal maupun internal. Secara eksternal pengujian dapat dilakukan dengan test-retest (stability), equivalent, dan gabungan keduanya. Secara internal reliabilitas instrumen dapat diuji dengan menganalisis konsistensi butir-butir yang ada pada instrumen  dengan teknik tertentu”.
Pengujian reliabilitas instrumen dalam penelitian ini dilakukan secara internal, yaitu dengan cara mencobakan instrumen sekali saja, kemudian yang diperoleh dianalisis dengan teknik tertentu. Pengujian reliabilitas instrumen dalam peneliltian ini dilakukan dengan teknik belah dua dari Spearman Brown (split half), yaitu :
                      
                     (Sugiyono, 2011 : 131)
Dimana :      = Reliabilitas internal seluruh instrument
                    = Korelasi product momen antara belahan pertama dan kedua
-  Jika r hitung > r tabel maka item dinyatakan reliabel
-  Jika r hitung < r tabelmaka item dinyatakan tidak reliabel
i.   Teknik Analisis Data
    Analisis  data yang  digunakan untuk  melihat  bagaimana pengaruh kualitas  pelayanan dan penetapan harga terhadap  kepuasan pelanggan  pada PD Guci Mas Indramayu.
         j.   Analisis  Deskriptif
-  Menurut Sugiyono (2006 : 21), menyatakan bahwa:
            Statistik  Deskriptif  adalah statistik yang berfungsi untuk mendiskripsikan atau memberi gambaran terhadap obyek yang diteliti melalui data sampel atau populasi sebagaimana adanya, tanpa melakukan analisis dan membuat kesimpulan yang berlaku untuk umumnya.
         k.  Uji  Normalitas
   Data-data yang diperoleh dari variabel X1, X2, dan Y dalam penelitian ini diuji normalitasnya, artinya apakah data-data yang diperoleh dalam penelitian ini berdistribusi normal atau tidak. Pengujian normalitas data dalam penelitian ini menggunakan Chi Kuadrat (Sugiyono, 2010:82)
                 
                        (Sugiyono,  2010 : 82)
Dimana : = Chi Kuadrat.
  = Frekuensi yang diobservasi.
  = Frekuensi yang diharapkan.

Kriteria ujinya adalah : jika harga Chi kuadrat lebih kecil dari harga tabel maka distribusi data dinyatakan normal dan jika Chi kuadrat lebih besar dari harga tabel  maka distribusi data tidak normal.
l.  Analisis  korelasi
1.    Korelasi  Tunggal
          Teknik korelasi ini digunakan untuk mencari hubungan dan membuktikan hipotesis hubungan dua variabel bila data kedua variabel berbentuk interval atau ratio. Sugiyono (2011:228), Rumus yang dapat digunakan adalah:
      
Dimana :
r         =  Koefisien Kolerasi
r         =  0 menyatakan hubungan kedua variabel sangat lemah bahkan
                           mungkin tidak mempunyai hubungan sama sekali
r         =  -1 menyatakam kedua variabel sangat kuat den bersifat negative
                           (terbalik)
   r        =  1 menyatakam kedua variabel sangat kuat den bersifat Positif
                (searah)
  n        =   Periode
  X       =  Variabel Bebas
  Y       =  Variabel Terikat

Untuk  mengetahui seberapa besar tingkat hubungan antara (variabel X) dan (Variabel Y), maka diperlukan taksiran dengan menggunakan ketentuan sebagai berikut:
Interval Koefisien
Tingkat Hubungan
0,00 – 0,199
Sangat Rendah
0,20 – 0,399
Rendah
0,40 – 0,599
Sedang
0,60 – 0,799
Kuat
0,80 – 1,000
Sangat Kuat
        Sumber : Statistika untuk penelitian, Sugiyono (2011: 231)
2.    Korelasi  Berganda
           Menurut Sugiyono (2011 : 233). Teknik korelasi ini digunakan untuk dua variabel independen dan satu dependen. Rumus korelasi ganda dua variabel ditunjukkan dengan :
-          Rumus yang dapat digunakan adalah :
        
Dimana : Ry.x1x2 = Korelasi antara variabel X1 dengan X2 secara bersama-sama dengan variabel Y
     ryx1       = Kolerasi Product Moment antara X1 dengan Y
                 ryx2       = Kolerasi Product Moment antara X2 dengan Y
                rx1x2       = Kolerasi Product Moment antara X1 dengan X2
       m.  Analisis Regresi
1.  Analisis  Regresi  Linier  Sederhana
Regresi sederhana didasarkan pada hubungan fungsional ataupun kausal satu variabel independent dengan satu variabel dependen. Sugiyono (2011 : 261)
Y = a + bX

Keterangan :     Y  =  Variabel Dependen
   a  =   Harga Y bila X = 0
   b =  Angka arah atau koefisien regresi yang menunjukan angka   peningkatan atau penurunan variabel dependen yang didasarkan pada variabel independent
        X =   Nilai Variabel Independen

             2.  Analisis Regresi Linier Berganda
           Analisis linier berganda digunakan bila jumlah variabel independen minimal 2 Sugiyono (2011 : 275).
Y = a + b1 X1 + b2 X2
Keterangan :    Y        = Variabel Dependen
      a         = Bilangan Konstanta
      b1 b2    = Koefisien regresi variabel independen
                         X1 X2 = Subjek pada variabel independen yang mempunyai
                                      Nilai tertentu.

      n.  Analisis  Koefisien Determinan.
Nilai koefisien determinasi (R2) menunjukkan presentase pengaruh semua variable independen terhadap variable dependen. Menjelaskan besarnya kontribusi yang diberikan variabel independen terhadap variabel dependen. Rumus koefisien determinasi dapat ditunjukkan sebagai berikut :
KP = r² x 100%
Dimana : KP = Koefisien penentu atau koefisien determinasi
                   = Koefisien Korelasi.
o.       Uji  Hipotesis
Pengujian hipotesis dimaksudkan sebagai cara untuk menentukan apakah suatu hipotesis tersebut sebaiknya diterima atau ditolak, menggunakan Rumus
sebagai berikut:
-   menurut Sugiyono (2007 : 215), mengemukakan bahwa :
“Pengujian hipotesis dimaksudkan sebagai cara untuk menentukan apakah suatu hipotesis tersebut sebaiknya diterima atau ditolak”
                
Dimana : t   =   t hitung
   r   =   Koefisien korelasi
   n  =  jumlah data
-  Jika rhitung > rtabel berarti hipotesis alternatif diterima
-  Jika rhitung <rtabel berarti hipotesis alternatif ditolak.
-          Uji  F
Digunakan untuk mengetahui apakah semua variabel independen mempunyai pengaruh yang secara bersama-sama terhadap variabel dependen.
(Sugiyono, 2007:219). Rumus yang dapat digunakan adalah :
              
Dimana : R2   =  koefisien determinasi
    k     =  jumlah variabel dependen
    n     =  jumlah anggota sampel

Untuk menentukan nilai F table, tingkat signifikan yang digunakan sebesar 5 % dengan dk pembilang = k dan dk penyebut = (n – k – 1), dimana n adalah jumlah anggota sampel, dan k adalah jumlah variabel. Dasar keputusan uji :
Terima Ha jika F hitung < F tabel
Tolak H0 jika F hitung > F tabel













DAFTAR PUSTAKA
Buchori Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Jasa. Edisi Revisi. Alfabeta :Bandung.
Herry Achmad Buchory dan Djaslim Saladin. 2010. Manajemen Pemasaran. Linda Karya : Bandung.
Philip kotler. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi-12 jilid 1 PT. Indeks : Indonesia
Fandy Tjiptono. 2007. Perilaku Konsumen. Andi : Yogyakarta
Basu Swasta. 2007. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty Yogyakarta : Yogyakarta
Husein Umar. 2005. Riset pemasaran dan Perilaku Konsumen. PT.gramedia Pustaka Utama : Jakarta
Rendra Widyatama. 2007. Pengaruh Periklanan. pustaka book publisher : Yogyakarta
Titiek Nurbiyati dan Mahmud Maachfoed. 2005. Manajemen Pemasaran Kontemporer. Kayon : Yogyakarta
Ristiyanti Prasetijo. 2005. Perilaku konsumen. Andi : Yogyakarta
Sutisna. 2006. Perilaku Konsumen & Komunikasi pemasaran. Remaja Rsdakarya : Bandung
Rhenald Kasali. 2007. Manajemen Periklanan. PT Pustaka Utama Grafiti : Jakarta

KUISIONER
Merek ( Variabel X1 )
Petunjuk pengisian :
·           Bacalah pertanyaan yang tertulis dengan seksama hingga Bapak/Ibu mengerti betul maksud masing-masing pernyataan tersebut.
·           Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang dianggap sesuai menurut saudara.
Data Diri :
Nama                           : ……………………………………………………..
Alamat                         : ……………………………………………………..
Jenis Kelamin              : L / P (Lingkari salah satu)
Umur                           : ……………………………………………………..
Pertanyaan
1.        Dapat diingat
1.      Setujukah anda perusahaan harus mengeluarkan merek untuk mudah diingat oleh konsumen?
a.    Sangat Setuju                   c. Ragu-Ragu        e. Sangat Tidak Setuju
b.    Setuju                               d. Tidak Setuju
2.         Setujukah anda  tulisan atau lambang merek yang dikeluarkan dapat memudahkan konsumen untuk mengingat produk tersebut?
a.    Sangat Setuju                   c. Ragu-Ragu        e. Sangat Tidak Setuju
b.    Setuju                               d. Tidak Setuju
2.        Bermakna
1.      Setujukah anda merek sangat bermakna bagi produk yang dihasilkan?
a.    Sangat Setuju                   c. Ragu-Ragu        e. Sangat Tidak Setuju
b.    Setuju                               d. Tidak Setuju
2.      Setujukah anda pemberian merek harus dapat memberikan kesan positif?
a.    Sangat Setuju                   c. Ragu-Ragu        e. Sangat Tidak Setuju
b.    Setuju                               d. Tidak Setuju
3.        Disukai
1.      Setujukah anda merek yang berkualitas dapat disukai oleh setiap konsumen?
a.    Sangat Setuju                   c. Ragu-Ragu        e. Sangat Tidak Setuju
b.    Setuju                               d. Tidak Setuju
2.      Setujukah anda tulisan atau lambang yang menarik pada merek akan banyak disukai?
a.    Sangat Setuju                   c. Ragu-Ragu         e. Sangat Tidak Setuju
b.    Setuju                               d. Tidak Setuju
4.        Dapat diubah
1.      Setujukah anda tulisan atau lambang pada merek dapat diubah sesuai dengan perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut?
a.    Sangat Setuju                   c. Ragu-Ragu         e. Sangat Tidak Setuju
b.    Setuju                               d. Tidak Setuju
2.      Setujukah anda pemberian nama merek sebaiknya dipilih nama yang mudah diganti atau diubah disesuaikan dengan kondisi yang ada?
a.    Sangat Setuju                   c. Ragu-Ragu        e. Sangat Tidak Setuju
b.    Setuju                               d. Tidak Setuju
5.        Dapat diadaptasikan
1.         Setujukah anda merek dapat diadaptasikan untuk perkembangan suatu produk?
a.    Sangat Setuju                   c. Ragu-Ragu         e. Sangat Tidak Setuju
b.    Setuju                               d. Tidak Setuju
2.         Setujukah anda pemberian nama merek dapat diadaptasikan disesuaikan dengan kondisi pasar yang ada?
a.    Sangat Setuju                   c. Ragu-Ragu        e. Sangat Tidak Setuju
b.    Setuju                               d. Tidak Setuju
6.        Dapat dilindungi
1.         Setujukah anda kualitas suatu produk dapat dilindungi oleh sebuah perusahaan?
a.    Sangat Setuju                   c. Ragu-Ragu        e. Sangat Tidak Setuju
b.    Setuju                               d. Tidak Setuju
2.         Setujukah anda merek merupakan asset perusahaan yang bernilai dan harus dilindungi oleh badan hukum?
a.     Sangat Setuju                  c. Ragu-Ragu      e. Sangat Tidak Setuju
b.    Setuju                               d. Tidak Setuju



KUISIONER
Iklan ( Variabel X2 )
Petunjuk pengisian :
·           Bacalah pertanyaan yang tertulis dengan seksama hingga Bapak/Ibu mengerti betul maksud masing-masing pertanyaaan tersebut.
·           Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang dianggap sesuai menurut saudara.

Data Diri :
Nama                           : ……………………………………………………..
Alamat                         : ……………………………………………………..
Jenis Kelamin              : L / P (Lingkari salah satu)
Umur                           : ……………………………………………………..
Pertanyaan
1.    Setujukah anda jika penyampaian promosi suatu produk harus dengan sikap sopan dan santun ?
a.       Sangat Setuju        c. cukup setuju                  e. Sangat Tidak Setuju
b.      Setuju                    d. Tidak Setuju
2.    Setujukah anda periklanan merupakan langkah yang tepat untuk menyampaikan jenis produk sesuai perusahaan ?
a.       Sangat Setuju       c. cukup setuju               e. Sangat Tidak Setuju
b.      Setuju                   d. Tidak Setuju
3.      Setujukah anda dalam mengadakan periklanan perusahaan harus meyediakan  media dalam promosi pemasarannya?
a.       Sangat Setuju                   c. setuju                 e. Sangat Tidak Setuju
b.      Setuju                               d. Tidak Setuju
4.      Setujukah anda periklanan yang menggunakan media akan menarik banyak konsumen ?
a.       Sangat Setuju       c. cukup setuju                 e. Sangat Tidak Setuju
b.      Setuju                   d. Tidak Setuju


























KUISIONER
Perilaku Konsumen ( Variabel Y )
Petunjuk pengisian :
·           Bacalah pertanyaan yang tertulis dengan seksama hingga Bapak/Ibu mengerti betul maksud masing-masing pertanyaaan tersebut.
·           Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang dianggap sesuai menurut saudara.


Data Diri :
Nama                           : ……………………………………………………..
Alamat                         : ……………………………………………………..
Jenis Kelamin              : L / P (Lingkari salah satu)
Umur                           : ……………………………………………………..
       Pertanyaan
1.    Setujukah jika seorang pelanggan atau konsumen akan mencari produk yang diinginkannya ?
a.         Sangat setuju                    c. Cukup setuju           e. Sangat Tidak setuju
b.         setuju                                d. Tidak setuju
2.    Apakah anda setuju bila suatu informasi dalam berpromosi suatu produk mampu menarik konsumen untuk membeli ?
      a. Sangat setuju                       c. Cukup setuju           e. Sangat Tidak setuju
      b. setuju                                   d. Tidak setuju
3. apakah anda setuju jika kepuasan konsumen akan terasa bila produk yang digunakannya berkualitas baik?
a.       Sangat setuju                    c. Cukup setuju           e. Sangat Tidak setuju
 b. setuju                                  d. Tidak setuju
4. Apakah anda setuju dalam pelayanan suatu produk akan memberikan saran baik terhadap konsumen untuk menggunakan produk dengan benar ?
a.            Sangat setuju               c. Cukup setuju           e. Sangat Tidak setuju
 b. setuju                                  d. Tidak setuju
5. apakah anda setuju bila produk yang kita gunakan akan memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen ?
a.       Sangat setuju                    c. Cukup setuju           e. Sangat Tidak setuju
 b. setuju                                  d. Tidak setuju
6.  apakah anda setuju perilaku konsumen akan memberikan kepuasan terhadap produk yang dikonsumsi ?
a.       Sangat setuju                    c. Cukup setuju           e. Sangat Tidak setuju
 b. setuju                                  d. Tidak setuju





           

9 komentar:

ssstttttttt.....


jika agan-agan sekalian ingin soft file yang berkaitan dengan blog ane, agan bisa hubungi ane lewat email, FansPage Facebook atau twitter.. karena ane tidak selalu memantau Blog ini setiap hari..
mohon maklum ya gan.. :)

Facebook : Adad Danuarta

Twitter : Adad5Gibranz

Nama asli Achmad Musaddad, biasa di panggil ADAD,, tanggal lahir 6 maret 1990 di indramayu, cucu dari Kyai Irsyad bin IKROM BIN MUNJIYAT BIN WADINGAH BIN MISKIYAH BIN PENGHULU BEO BIN KYAI MUHAMMAD CANGKRING BIN TOLABUDDIN BIN PANGERAN CILIK (ASAL DARI PALEMBANG – SUMATRA SELATAN)yang keturunan dari Sultan MALIKUS SALEH (W. 1297 M/676 H) yang dikenal dengan Nama "ARYA DAMAR".
SDN tinumpuk 2 SMPN 2 Juntinyuat SMK PGRI Indramayu Universitas Wiralodra Indramayu

SMS GRATISS !!

Copyright © 2012 Adad DanuartaTemplate by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.